PENGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV PADA MATERI MENGENAL UNSUR-UNSUR PETA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri Merdeka Jln. Peneropongan Bintang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2016-2017)

AGUNG ARIF NURFADILAH, 125060225 (2016) PENGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV PADA MATERI MENGENAL UNSUR-UNSUR PETA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri Merdeka Jln. Peneropongan Bintang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I CTL.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II CTL.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi mengenal unsur-unsur peta pada siswa kelas IV SDN Merdeka dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Model CTL ini lebih menekankan kepada “real word learning”, sehingga memudahkan siswa untuk meningkatkan hasil belajar yang diajarkan. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Merdeka Kabupaten Bandung Barat. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sangat baik untuk hasil belajar yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 70. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 36% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 72%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 56% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 84%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model CTL, karena penggunaan model ini menitik beratkan kepada keaktifan siswa (student centered) sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran, selain itu dalam pembelajarannya model ini selalu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi mengenal unsur-unsur peta di kelas IV SDN Merdeka Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci: model CTL, hasil belajar, pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 14:41
Last Modified: 27 Sep 2016 14:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item