“ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERMASALAHAN SOSIAL” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Tanjungpura Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang )

SHELLY NOPRIYANTI SOPYAN, 125060227 (2016) “ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERMASALAHAN SOSIAL” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Tanjungpura Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I PENDAHULUAN baru.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II KAJIAN TEORI baru.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA baru.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia baru.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC Bahasa Inggris baru.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang belum efektif. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi m embosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tanjungpura Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkan model discovery learning seb agai alternatif dalam pemecahan masalah. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas IV SDN Tanjungpura yang berjumlah 16 orang siswa, 12 orang perempuan dan 4 orang laki - laki. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 55% dengan kategori dengan kategori kurang, dan siklus II mencapai 93% dengan kategori sangat baik. peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sikap (spiritual dan sosial) pa da siklus I mencapai 33% dengan kategori kurang, pada siklus II mencapai 87% dengan kategori baik. untuk aspek pengetahuan pada siklus I mencapai 55% dengan kategori kurang, pada siklus II mencapai 87% dengan ketegori baik, sedangkan aspek ketermpilan pada siklus I mencapai 50% dengan kategori kurang, dan siklus II mencapai 100 % a tau kategori sangat bai k . Hambatan yang diperoleh adalah kurang efektifnya waktu dan materi, dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut ialah meneliti aktivitas dan kemapuan sisw a di kelas agar dapat mencapai hasil penelitian yang memuaskan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan Mo del pembelajaran discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS SD. Kata Kunci: discovery learning, motivasi , hasil belajar, hambatan, upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 13:35
Last Modified: 27 Sep 2016 13:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12969

Actions (login required)

View Item View Item