PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN

AGISTIAR MAULUDIN, 125060240 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Kebon Gedang 2 dengan subjek penelitian adalah kelas III. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada KD Mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan 21 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah wawancara kepada guru, tes tulis dan evaluasi hasil belajar siswa berupa pre test dan post test. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes tulis dan hasil wawancara observer. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 66 kemudian dilakukan tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 69 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus II mendapatkan hasil 71. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase nilai awal siswa yang tuntas adalah 35% dengan kemudian Siklus I mengalami peningkatan menjadi 61% dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 93% dari jumlah 31 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada materi Mengenal jenis-jenis pekerjaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Penggunaan, Contextual Teaching and Learning, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 26 Sep 2016 21:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item View Item