PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN TEGALLEGA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman )

Tia Sintiawati, 1 25060072 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN TEGALLEGA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover benar.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (1).pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BARU.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe picture and picture pada subtema bersyukur atas keberagaman . Penelitian tindakan kelas dilaksan akan di kelas IV SDN Te gallega . Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan s iswa di kelas IV SDN Tegallega yang sering jenuh, malas, bosan, dan kurangnya motivasi didalam pembelajaran dikarenakan guru sering m enggunakan ceramah konvensional . Penelitian ini menggunakan metod e Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencana an , pelaksanaan, observasi , analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran deng an menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Menyampa ikan tujuan , 2. Menyajikan informasi, 3.Mengorganisasikan siswa dalam kelompok - kelompok belajar , 4. Membimbing ke lompok belajar, 5. Evaluasi, 6. Memberikan peng hargaan . Teknik eva luasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui motivasi siswa pada saat pembelajaran berlangsung . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar . Hal tersebut dapat dilihat dari presentasi motivasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus I I , yaitu pada siklus I mendapatkan hasil 40% dengan kategori kurang, siklus II 80% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar pada siklus I yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 68% dengan kriteria baik, siklus II yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 86% den gan kriteria sangat baik Kesimpulan yang diperole h dari penelitian ini adalah , bahwa penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture sangat menunjang terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema bersyukur atas keberagam an kelas IV Sekolah D asar. Dengan de mikian, penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk d iterapkan pada tema indahnya kebersamaan subtema bersyukur atas keberagaman. Kata kunci : coop erative learning tipe picture and picture , motivasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:31
Last Modified: 26 Sep 2016 18:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12880

Actions (login required)

View Item View Item