PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENULIS NAMA DAN LAMBANG BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas II SDN Sukawarna 1 Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Kota Bandung)

ULFAH FARAH SAJIDAH MUHYI, 125060287 (2016) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENULIS NAMA DAN LAMBANG BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas II SDN Sukawarna 1 Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Abstrak Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Abstrak Inggris.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.Bab 1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.Bab 2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika materi Menulis Nama dan Lambang Bilangan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas II SDN Sukawarna , sebanyak 29 orang terdiri dari 15 orang perempuan dan 14 orang lakilaki. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap kerjasama ketuntasan peserta didik mencapai 45% dari keseluruhan peserta didik dengan kategori cukup, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu persentase sikap kerjasama ketuntasan peserta didik mencapai 90% dari jumlah keseluruhan peserta didik dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 15 orang atau sebesar 52% dari 29 peserta didik dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang atau sebesar 48% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 25 orang atau sebesar 86% dari 29 peserta didik dan peserta didik yang tidak mencapai KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 14 % dari jumlah keseluruhan peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik kelas II SDN Sukawarna 1 pada pembelajaran Matematika materi Menulis Nama dan Lambang Bilangan. Kata Kunci: Make A Match, Kerjasama, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:12
Last Modified: 26 Sep 2016 18:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12874

Actions (login required)

View Item View Item