Mila Amalia, 125060129 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover SKRIPSI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran PKn pada materi Mengenal Lembaga-Lembaga Dalam Susunan Pemerintahan Desa Dan Pemerintahan Kecamatan yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Cibabat Mandiri 4, sebanyak 33 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase penilaian aktivitas ketuntasan mencapai 27% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori kurang baik, dan pada siklus II persentase penilaian aktivitas ketuntasan siswa mencapai 84% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori baik. Hasil belajar siklus 1 jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 48,45% dari 33 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau sebesar 51,5 dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 80,34% dari 33 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 6 orang atau sebesar 19,65% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Inquiry Based Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Cibabat Mandiri 4 pada pembelajaran PKn materi mengenal Lembaga-Lembaga Dalam Susunan Pemerintahan Desa Dan Pemerintahan Kecamatan. Kata Kunci: Inquiry Based Learning, Make A Match, Aktivitas, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 19:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 19:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12866 |
Actions (login required)
View Item |