MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas Materi Peristiwa Alam dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara)

LASIKA LARASATI, 125060106 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas Materi Peristiwa Alam dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER FIX.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-13 BAB I ACC.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14-48 BAB II ACC.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SD Mutiara yang masih banyak yang tidak mencapai KKM dikarenakan guru sering menggunakan metode konfensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran lain khususnya model cooperative learning tipe numbered head together belum pernah diterapkan saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui perencanaan, pelaksanaan model cooperative learning tipe NHT, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial di kelas IV SD Mutiara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 69,64 dan pada siklus II 81,78 sedangkan untuk peningkatan aktivitas siswa mengalami perubahan yang baik dengan presentase keaktivan siswa pada siklus I 38,8% dan siklus II 88,89%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model cooperative learning tipe NHT sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial di kelas IV SD Mutiara. Dengan demikian penerapan model cooperative learning tipe NHT dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk digunakan pada mata pelajaran IPS. Kata kunci : Cooperative learning tipe numbered head together, aktivitas siswa, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:44
Last Modified: 26 Sep 2016 17:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item