MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TENTANG MATERI AJAR MEMBACA DAN MENGGAMBAR PETA LINGKUNGAN SETEMPAT PADA SISWA KELAS IV SDN CICADAS BARAT (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-A SDN Cicadas Barat Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung)

NINGRUM SOLEHAH, 125060188 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TENTANG MATERI AJAR MEMBACA DAN MENGGAMBAR PETA LINGKUNGAN SETEMPAT PADA SISWA KELAS IV SDN CICADAS BARAT (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-A SDN Cicadas Barat Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran IPS materi Membaca dan Menggambar Peta Lingkungan Setempat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV-A SDN Cicadas Barat dan dilatar belakangi keadaan siswa yang menunjukan hasil belajar masih banyak dibawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajaran Kooperaatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan dalam setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) yang terdiri dari 6 fase, yaitu: stimulus/pemberian ransangan, mengorganisasikan dalam kelompok belajar, menyajikan informasi, membimbing kerja kelompok dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Penialaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus I yaitu 67,57 (60,71%), dan hasil belajar pada siklus II yaitu 74,10 (82,14%). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi membaca dan menggambar peta lingkungan setempat di kelas IV-A SDN Cicadas Barat. Dengan demikian, penggunaan model Kooperatif tipe STAD dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Student Team Achievement Divisions, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:29
Last Modified: 26 Sep 2016 17:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12850

Actions (login required)

View Item View Item