PENGARUH PENDELEGASIAN RUANG UDARA DI ATASKEPULAUAN RIAU KEPADA FLIGHT INFORMATION REGION SINGAPURA DI BIDANG EKONOMI DAN KEDAULATAN NKRI

Lutfi Yazid Lubis, 122030038 (2016) PENGARUH PENDELEGASIAN RUANG UDARA DI ATASKEPULAUAN RIAU KEPADA FLIGHT INFORMATION REGION SINGAPURA DI BIDANG EKONOMI DAN KEDAULATAN NKRI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (157kB)

Abstract

Dikontrolnya ruang udara Indonesia oleh Flight Information Region Singapura di atas Kepulauan Riau memunculkan beberapa persoalan, pengawasan lalu lintas penerbangan oleh Singapura yang sudah berlangsung sejak tahun 1946 atau setara dengan usia kemerdekaan Indonesia mengakibatkan setiap penerbangan yang melintasi daerah Kepulauan Riau harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari otoritas Singapura. Sehingga berpengaruh pada posisi Indonesia di mata penerbangan sipil dunia dan pandangan masyarakat dunia terhadap kemampuan Indonesia khususnya di bidang penerbangan, selain itu pengelolaan ruang udara oleh Singapura tidak sesuai dengan UU No.1 Tahun 2009 yang menyebutkan “setiap negara mempunyai kedaulatan yang utuh dan penuh atas ruang udara diatas wilayahnya”. Dalam kerangka pemikiran, premis mayor yang digunakan peneliti adalah hubungan internasional, politik luar negeri, diplomasi, kerjasama internasional, organisasi internasional, dan perbatasan. Sedangkan premis minor peneliti yaitu, hubungan bilateral Indonesia-Singapura, pendelegasian ruang udara, kedaulatan NKRI, dan Route Air Navigation Services (RANS) Charges. Berdasarkan premis mayor dan minor diatas maka peneliti mengambil hipotesis: “Apabila pendelegasian ruang udara Kepri memperbolehkan Singapura memungut pembayaran atas jasa pelayanan navigasi serta kewenangan aktifitas penerbangan berada penuh di tangan otoritasnya, maka akan berpengaruh terhadap hilangnya potensi pendapatan dan mengorbankan kedaulatan NKRI.” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pendelegasian ruang udara di atas Kepulauan Riau dapat menyebabkan kerugian di bidang Ekonomi dan pengaruhnya terhadap kedaulatan NKRI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dimana penelitian difokuskan pada pengaruh yang ditimbulkan dari pendelegasian ruang udara Kepulauan Riau kepada Singapura. Kata Kunci:Flight Information Region, Pelanggaran kedaulatan udara, RANS Charges.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:19
Last Modified: 26 Sep 2016 17:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12840

Actions (login required)

View Item View Item