PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Rizal Noer Pratama, 125060116 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi struktur akar dengan fungsinya. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Cibeureum XI, sebanyak 30 orang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap percaya diri mendapat skor 2,47 dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori kurang, dan pada siklus II mendapatkan skor 3,19 dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori baik. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 40% dari 30 siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 80% dari 30 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cibeureum XI pada pembelajaran IPA materi struktur akar dengan fungsinya. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:43
Last Modified: 26 Sep 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item