PENGGUNAAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri Babakan III Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)

Tiara Nurul Insan Utami, 125060183 (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri Babakan III Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi rangka manusia melalui pendekatan Quantum Teaching. Pendekatan Quantum Teaching adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang berupaya memaksimalkan seluruh aktivitas, potensi, sarana- prasarana, dan interaksi yang ada di dalam dan di luar momen belajar sehingga pembelajaran lebih bermakna, efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunkan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu petemuan dan menerapkan pendekatan Quantum Teaching dengan menggunakan strategi T-A- N-D-U-R (Tanami, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rewerd). Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaranhasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar. pada penilaian hasil belajar siklus I pada pretes yaitu 55 sedangkan postes nilai rata-ratanya 68, hasil belajar siklus II pada pretes yaitu 57 sedangkan postes nilai raa-ratanya 75, dan hasil belajar pada siklus III nilai pretes yaitu 68 sedangkan postes nilai rata-ratanya 79. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi rangka manusia di kelas IV SDN Babakan III. Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar. ix

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:12
Last Modified: 26 Sep 2016 15:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12815

Actions (login required)

View Item View Item