“PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN TELITI SERTA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK”

Anry Susanto Dikusumah, 125060151 (2016) “PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN TELITI SERTA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap rasa ingin tahu serta teliti dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Berbagai Pekerjaan subtema Jenis-jenis Pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu serta teliti dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Berbagai Pekerjaan subtema Jenis-jenis Pekerjaan. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Muararajeun, sebanyak 25 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap rasa ingin tahu dan sikap teliti ketuntasan siswa mencapai 72% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori terlihat, dan pada siklus II persentase sikap rasa ingin tahu dan sikap teliti ketuntasan siswa mencapai 96% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat terlihat. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 72% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 28% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 1 orang atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan sikap telti siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Muararajeun pada pembelajaran tematik Tema Berbagai Pekerjaan dan Subtema Jenis-jenis Pekerjaan. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Rasa Ingin Tahu, Teliti, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:43
Last Modified: 26 Sep 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item