PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ips Pokok Bahasan Keragaman Budaya Di Indonesia Semester 1 Kelas V Sdn Cipagalo 1 Kecamatan Bojong Soang Kabupaten Bandung)

NICK ADAMS, 115060051 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ips Pokok Bahasan Keragaman Budaya Di Indonesia Semester 1 Kelas V Sdn Cipagalo 1 Kecamatan Bojong Soang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah penerapan model pemeblajaran inkuiri dalam pembelajaran ips materi keragaman budaya di indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dengan menggunakan model Inkuiri dapat meningkatkan prestasi pada siswa Kelas V SDN Cipagalo 01 dalam materi keragaman budaya di indonesia dan Bagaimana penerapan model pemebelajaran Inkuiri dalam upaya meningkatkan prestasi siswa Kelas V SDN Cipagalo 01 pada Mata Pelajaran IPS dalam materi keragaman budaya indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi siswa kelas V SDN Cipagalo 01.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan dalam prestasi siswa. Pada siklus I observasi kegiatan siswa sebesar 61,25%, sedangkan prestasi belajar siswa sebesar 62,83%. Pada siklus II observasi kegiatan siswa sebesar 86,25%, sedangkan prestasi belajar siswa sebesar 70,13% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 80 Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Inkuiri terhadap prestasi belajar kelas V SDN Cipagalo 01 merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuri memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Pembelajaran Inkuiri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 13:54
Last Modified: 26 Sep 2016 13:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item