MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Menghargai Peranan Tokoh Pejuang dan Masyarakat dalam Mempersiapkan dan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Buah Batu 01 Bandung)

ISTI AMELIA, 125060120 (2016) MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Menghargai Peranan Tokoh Pejuang dan Masyarakat dalam Mempersiapkan dan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Buah Batu 01 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I BENER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BENER.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap kerja sama maka prestasi belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran index card match dalam pembelajaran IPS pada materi menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dam mempertahankan kemerdekaan . Peneliti an tindakan kelas dilaks anakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Buah Batu 01 . Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan s iswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri Buah Batu 01 yang sikap kerja sama tidak tumbuh di dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model - model pembelajaran yang lain khususnya model index card match belum pernah dilaksanakan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran index card match . Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik te s dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas index card match dan sikap kerja sama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran index card match dapat meningkatk an prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata - rata peningkatan sikap kerja sama siswa dalam tes dari siklus I sampai siklus I I , yaitu pada siklus I persentase tuntas perolehan nilai rata – rata 74,08% denga n kategori baik , siklus II dengan nilai perolehan tuntas rata – rata yaitu 98% den g an kategori sangat baik . Kesimpulan yang diper ole h dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran i ndex card match sangat menunjang terhadap peningkatan kerja sama siswa pada materi menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan di kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model index card match dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajara n IPS . Kata kunci : index card match , kerja sama siswa, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 13:36
Last Modified: 26 Sep 2016 13:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12765

Actions (login required)

View Item View Item