PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

NURIA FUJI MEYLAWATI, 1250600 50 (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A terhadap pembelajaran IPA pada materi rangka manusia yang dilatar belakangi oleh mas ih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observ asi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil p retes siklus I menunjukkan dari hasil belajar berjumlah sebesar 16. 21% . Hasil p retes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 62.16%, terjadi peningkatan sebesar 45.95% dari hasil p retes siklus I. Hasil postes siklus I menunjukkan dari hasil belajar berjumlah sebesar 37.83% . Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 91.89%, terjadi peningkatan sebesar 54.06% dari hasil postes sikl us I. Sedangkan untuk hasil penilaian aktivitas siswa yang menyatakan dirinya aktif dalam belajar pada siklus I yaitu 32.43 %. Pada siklus II 81.08 % siswa menyatakan dirinya berperan aktif dalam belajar. Artinya adanya peningkatan aktivitas yang dirasakan o leh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw . Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah penin gkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari hasil postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 81 %, hal tersebut melebihi target yang ditentukan pen ulis yaitu 80%. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw , Aktivitas, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 17:32
Last Modified: 24 Sep 2016 17:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item View Item