PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV semester I SDN Tegalwaru 2 Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang)

Indira Ramadhanti, 125060030 (2016) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV semester I SDN Tegalwaru 2 Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakan penelitian ini karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS meng gunakan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurang adanya penggunaan media. Sehingga menyebabkan peserta didik kurang keterampilan serta kurang peduki terhadap pembelajaran IPS. Pada akhirnya hasil belajar IPS masih tergolong rendah, karena hasil ya ng diperoleh berada dibawah batas kriteria ketuntasan belajar minimum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi keanekaragaman kenampakan alam melalui model picture and picture . Mode l picture and picture adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Dalam operasionalnya, gambar – gambar tersebut dipasangkan satu sama lain atau diurutkan menjadi urutan yang logis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan K elas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran picture and picture , penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penelitian aktivitas dan lembar observasi unutuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjuk an adanya peningkatan keterampilan dan hasil belajar. Hasil penilaian RPP siklus yaitu 3,6 dan pada siklus II 3,9. Persentase ketuntasan keterampilan siklus I yaitu 76% sedangkan siklus II mecapai 80%. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 76% dan siklus II mencapai 88%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi keanekaragaman kenampakan alam di kelas IV SDN Tegalwaru 2 Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. Kata kunci: picture and picture , keterampila n, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 17:10
Last Modified: 24 Sep 2016 17:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12698

Actions (login required)

View Item View Item