FUNGSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK Descriptive study of interpersonal communication function analysis of parents in improving children's motivation to learn in children IPS ( Social Sciences ) Senior High School Mekar Arum

Rafi Resmana Haffad, 112050063 (2016) FUNGSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK Descriptive study of interpersonal communication function analysis of parents in improving children's motivation to learn in children IPS ( Social Sciences ) Senior High School Mekar Arum. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Abstrack inggris.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (62kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Fungsi Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak”. Jalinan komunikasi interpersonal orangtua dan anak yang melemah dapat mempengaruhi motivasi belajar anak dan dapat mempengaruhi prestasi belajar anak. Oleh karena itu, peranan komunikasi interpersonal orangtua dengan anak begitu penting guna memotivasi belajar yang lebih tinggi lagi Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui adanya fungsi komunikasi interpersonal orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak, untuk mengetahui hambatan – hambatan apa saja yang dialami orangtua terlebih ketika melakukan komunikasi interpersonal dengan anak, serta mengetahui usaha – usaha apa saja yang dilakukan oleh orangtua dalam menghadapi permasalahan dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sample probalitas sedangkan teknik sample yang digunakan adalah sampling berstrata dengan jumlah responden yang dianggap memenuhi kriteria oleh peneliti sebanyak 200 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Fungsi Komunikasi Interpersonal Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak pada dasarnya sudah berjalan dengan baik, namun ada beberapa hal yang harus dilakukan adalah pada saat melakukan komunikasi interpersonal dengan anak. Hal ini menunjukan perlunya peningkatan kualitas pesan yang disampaikan kepada anak untuk meningkatkan motivasinya. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu orangtua harus lebih intens lagi dalam berkomunikasi dan melakukan komunikasi di waktu yang tepat, orangtua harus lebih bisa mendengarkan dan menerima keluhan anak dan sebaiknya orangtua memberikan penghargaan tambahan dan fasilitas kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 24 Sep 2016 17:52
Last Modified: 24 Sep 2016 17:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item View Item