UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MEMBACA DAN MENGGAMBAR PETA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kiangroke 02 Tahun Ajaran 2016/2017 Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung)

Lilis Marlina, 125060012 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MEMBACA DAN MENGGAMBAR PETA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kiangroke 02 Tahun Ajaran 2016/2017 Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan judul “ Upaya Meningkatkan Kerja Sama d an Hasil Belajar Siswa p ada Mata Pelajaran IPS Materi Membaca d an Menggambar Peta Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ” bertujuan utuk mengetahui peningkatan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran IPS dengan materi membaca dan menggambar peta . Penelitian ini dila t a r belakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yang telah diterapkan serta kurangnya penerapan kerja sama . Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu dari faktor guru yang menyampaikan materi bersifat textbook oriented dan faktor siswa yang pada saat pembelajaran. Model Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model yang menyajikan suatu masalah kehidupan nyata yang diangkat menjadi suatu pembelajaran sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Penelitian ini men ggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, analisis, refleksi. Hasil dari penelitian siklus I menunjukan hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 60,00% dengan nilai rata - rata 77,11. Sedangkan pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 90,00% dengan nilai rata - rata siswa 83,33 dan untuk nilai sikap kerja sama dengan nilai rata - rata 83,7 8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Sikap Kerja Sama , Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah , Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 15:45
Last Modified: 24 Sep 2016 15:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item