PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUBTEMA GAYA DAN GERAK DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas IV SD Negeri Asmi Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Astri Eka Maya, 125060102 (2016) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUBTEMA GAYA DAN GERAK DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas IV SD Negeri Asmi Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian d engan j udul “Penerapan Model Project Based Learning p ada Subtema Gaya dan Gerak dalam Meningkatkan Kerja Sama d an Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas IV SD Negeri Asmi Bandung Tahun Ajaran 2016/2017) . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sik ap kerja sama dan hasil belajar siswa kelas IV. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya pemberian tugas yang melibatkan siswa secara langsung. P ada proses pembelajaran, siswa hanya mendengar, mencatat dan menghafal, sehingga proses pembelajaran akan me mbuat siswa merasa bosan dan mengantuk . Selain itu tidak adanya penggunaan alat dan media pembelajaran juga menjadi faktor yang membuat siswa tidak dapat memahami materi yang telah disampaikan. Bahkan ada b eberapa siswa yang bergurau dengan temannya saat guru sedang menjelaskan materi. Upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini meggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Asmi Bandung dengan jumlah siswa 32 orang, yaitu 17 orang laki - laki dan 15 orang perempuan. Instrumen yang digunakan diantaranya tes ( pretest dan posttest ), angket, lembar obs ervasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning yang dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan ini menunjukkan peningkatan hasi l belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan perolehan se tiap siklusnya sebagai berikut: P retest siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 3 orang atau sebesar 9,4 % dan siklus II siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 29 orang atau sebesar 90,6 %. Posttest siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 14 orang atau sebesar 43,75 % dan sikus II siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 84,4 %. Pada siklus II ini telah mengalami peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklu s I. Sikap kerja sama siswa pada siklus I sebesar 69,53% dan pada siklus II sebesar 80%. Dengan demikian model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk dapat meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar si swa kelas IV SDN A smi Bandung pada subtema gaya dan gerak. Kata kunci: kerja sama, hasil belajar dan model project based learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 15:01
Last Modified: 24 Sep 2016 15:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12675

Actions (login required)

View Item View Item