DWI FITRIANI HIDAYAT, 125020038 (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi Sub Materi Ketenagakerjaan di kelas XI IPS SMA Negeri 25 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indonesia.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK eng sub.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini Analisis Faktor - Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi kasus mata pelajaran Ekonomi sub materi Ketenagakerjaan di kelas XI IPS SMA Negeri 25 Ba ndung Semester Ganjil Tahun Aj aran 2016 - 2017). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi dan untuk menentukan uapaya yang harus dilakukan sekolah untuk menanggulangi kesulitan belajar siswa pada mata pela jaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 25 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 25 Bandung sebanyak 75 orang yang diambil s ecara acak. D at a faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi diperoleh dari penyebaran angket dan wawancara yang dilakukan kepada siswa . Analisis data yang digunakan adalah analisis data melalui perhitungan rata - rata ( mean ) skor dengan bantu an SPSS release 21.0 for Windows . Hasil penelitian faktor kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh faktor internal berada dalam kriteria cukup baik dan faktor kesulitan belajar yang disebabkan oleh faktor eksternal berada dalam kriteria baik. Berdasar kan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian menunjukan, rata - rata tafsiran pers entase 66,3% menyatakan bahwa faktor ksulitan belajar disebabkan oleh faktor in ternal dan rata - rata tafsiran p e r sentase 73,3% menyatakan bahwa faktor eksternal bukan merupakan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Adap un upaya penanggulangan yang bi s a dilakukan oleh pihak sekolah yaitu memberi motivasi belajar kepada siswa agar terguguah untuk mau belajar sendiri. Kesimpulan penelitian dapat diterima sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran agar pihak sekolah dan guru mengerti bahwa setiap siswa mengelami kesulitan belajar dengan berbagai faktor yang menyertainya. Maka dari itu, pihak sekolah dan guru harus lebih ma mpu mendekatkan diri kepada para siswa agar bi s a mencari jalan yang efektif dalam proses pembelajran sehingga tujuan dari pembelajran tersebut akan tercapai. Kata Kunci : Faktor - Faktor Kesulitan Belajar Siswa viii ABSTRAK This research is titled “Analysis of Factors Le arning Diffculties Students in an attempt improve the achievement of learners (study case of economy with marerial sub subjects at SMA Negeri 25 Bandung odd year school 2016 - 2017 ). the purpose of this study is to know influence that factors learning diffc ulties students of economy subjects and for determine the measurus to be conducted by school to cope learning diffculties students of economy subjects at class XI IPS SMA Negeri 25 Bandung . The method that used in this resarch is descriptive analysis, as o bject of research is all students in class XI IPS at SMA Negeri 25 Bandung a total of 75 people drawn at random. The data of factors learning diffculties students of economy subjects obtained from the questionnaire and interviews that is done to students. The analysis that used in this resarch is analysis of the data by calculating the average (maen) scores with help of SPSS release 21.0 for Windows. The research result of leaening difficulties student caused by internal factors being in good enough criteri a and result of leaening difficulties student caused by external factors being in good criteria. Based on data analysis that has been done the obtained results of research reveal, the average estimated percentage is 66,3% state that factors learning diffic ulties is caused by internal factors and the average estimated percentage is 73,3% state that factors learning difficulties is not caused by external factors. The efforts made by the school is giving to the students learning motivation for a more inspired to want to learn on their own. Conclusion of the study is acceptable as rhe end of study authors submit suggestions so that the school and teachers to understand that students having difficulty learning with a variety of factors. Therefore, the school and teachers must be able to get closer to the students in order to seek affective in the process of learning so the purpose of learning can be achieved. Keyword : Factors Learning Diffculties Students
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2016 13:25 |
Last Modified: | 24 Sep 2016 13:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12631 |
Actions (login required)
View Item |