DENIDA SYARAH ENDANI, 1250200 40 (2016) KAJIAN KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Di SMA Negeri 25 Bandung Tahun Ajaran 2016- 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER BERWARNA.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK denida indonesia.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA revisi gue (Autosaved).pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “KAJIAN KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dikelas X, X I , XII IPS SMA N egeri 25 Bandung), Dilatar belakangi oleh Permasalahan dalam penelitian ini adalah pergantian kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 banyaknya tenaga pendidik yang mengeluh akan pergantian kurikulum tersebut. Bertujuan untuk mengkaji tentang kurikulum 2013 yang sudah diterapkan di salah sa tu sekolah dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan ksulitan sekolah menggunakan kurikulum 2013 dan bagaimana peningkatan peserta didik dengan menggunakan kurikulum 2013. Metode yang digun akan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII IPS di SMA Negeri 2 5 Bandung. Data siswa SMA Negeri 25 Bandung diperoleh dari pengumpulan dokumentasi yang dilakukan kepada sis wa, sedangkan data kajian kurikulum 2013 dalam proses belajar pada mata pelajaran ekonomi diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa dan wawancara yang dilakukan kepada tenaga pendidik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data melalui perhitung an rata - rata ( mean ) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows . Hasil penelitian kajian kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran eko nomi berada dalam kriteria “B aik ” . Jika dilihat dari hasil perhitungan tafsiran rata - rata sko r dan presentase pada dimensi kurikulum 2013 dan dimensi proses belajar mengajar menunjukan rata - r ata bobot sebesar 111,32 (71,6% ). Hal ini d apat disimpulkan bahwa indikator dari kurikulum 2013 dan indik ator proses belajar mengajar seperti faktor internal dan eksternal menjadi faktor kesulitan dalam melakukuan proses implementasi kurikulum 2013. S ebagai akhir penelitian penulis menyarankan kepada guru - guru agar baiknnya bekerja keras lagi dalam membangun motivasi peserta didik untuk bisa memahami pelajaran dengan cepat . kemudian kepada peserta didik agar sering - sering membaca untuk dapat bisa lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru yang diberikan secara cepat . Bagi sekolah agar memahami dan mengerti akan kemampuan para peserta didik dan diharapkan dapat meningkatan sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran dengan sempurna . D an bagi praktisi atau peneliti selanjutnya di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan proses kurikulum yan diperbaharui seiring denga n perkembangan dunia pendidikan agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya. Kata Kunci : Kajian Kurikulum 2013 Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2016 13:18 |
Last Modified: | 24 Sep 2016 13:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12629 |
Actions (login required)
View Item |