OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA KONSEP ENZIM DI SMK

SUPRIANTI, 125040053 (2016) OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA KONSEP ENZIM DI SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. BAB 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR PUSTAKA 01.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang belum optimalnya penerapan penilaian autentik terhadap suatu konsep yang disebabkan antara lain kurangnya pemahaman guru tentang penilaian autentik, guru lebih mengutamakan penilaian kognitif saja, kemudian sikap siswa pada saat pembelajaran masih kurang, dan keterampilan siswa tidak dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa pada konsep enzim. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas X PS di SMK Negeri 15 Kota Bandung, yaitu kelas X PS 1 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, pakar kurikulum, dan pakar penilaian autentik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan metode yang digunakan Pre-Experimental Designs (nondesigns). yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian sikap unjuk kerja, rubrik penilaian keterampilan praktikum, angket siswa, dan wawancara kurikulum 2013 dan penilaian autentik. Setelah dilakukan pelitian dengan penilaian sikap dan keterampilan peneliti melanjutkan analisis data dengan menghitung skor yang dicapai dari seluruh aspek yang dinilai kemudian menghitungnya dengan rumus. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata sikap peserta didik 86,42 termasuk kedalam kategori sangat baik dan termasuk kategori yang optimal, dan nilai ratarata keterampilan praktikum 89,60 termasuk kedalam kategori sangat baik dan sudah termasuk kategori optimal. Maka dapat dikatakan mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa dalam pembelajaran biologi pada konsep enzim dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan, Praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:23
Last Modified: 23 Sep 2016 13:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item View Item