PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

SITI NOOR ASYIAH JAMIL, 125020025 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG ( Studi Quasi Eksperimen Pokok Bahasan Jurnal Umum pada Perusahaan Dagang Kelas X I Akuntansi di SMK Pasundan 1 Kota Bandung ) . Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang yang didukung dengan masih rendahnya nilai rat a - rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Pasundan 1 Kota Bandung . Tujuan dari penelitian ini adalah 1) . Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil pre - test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dalam mata pel ajaran akuntansi perusahaan dagang . 2) . Untuk mengetahui a pakah ada perbedaan hasil post - test pada kelas eksperimen setelah menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang . 3) . Untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajaran a kuntansi perusahaan dagang . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, b entuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design . Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil pos t - test yang berbentuk uraian . Hasil penelitian dari hasil postes t ini menunjukan perbedaan prestasi belajar sebesar 87,31 untuk kelas eksperimen dan 71,65 untuk kelas kontrol. Dari perhitungan diatas didapatka n t hitung = 9 , 720 sedangkan t tabel = 0, 3 2 5 . Sehingga bila dimasukan pada rumus hipotesis t hitung > t tabel sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan , terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas X I AK 1 yang menggunakan metode pembelajaran peer tutor ing lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas X I AK 2 yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dari hasil penelitian merekomendasikan metode pembelajaran peer tutoring dapat meningkatkan prestasi belaja r siswa , sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi . Kata Kunci : Metode Pembelajaran Peer Tutoring , Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:48
Last Modified: 26 Aug 2017 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item