SITI NOOR ASYIAH JAMIL, 125020025 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG ( Studi Quasi Eksperimen Pokok Bahasan Jurnal Umum pada Perusahaan Dagang Kelas X I Akuntansi di SMK Pasundan 1 Kota Bandung ) . Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang yang didukung dengan masih rendahnya nilai rat a - rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Pasundan 1 Kota Bandung . Tujuan dari penelitian ini adalah 1) . Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil pre - test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dalam mata pel ajaran akuntansi perusahaan dagang . 2) . Untuk mengetahui a pakah ada perbedaan hasil post - test pada kelas eksperimen setelah menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang . 3) . Untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajaran a kuntansi perusahaan dagang . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, b entuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design . Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil pos t - test yang berbentuk uraian . Hasil penelitian dari hasil postes t ini menunjukan perbedaan prestasi belajar sebesar 87,31 untuk kelas eksperimen dan 71,65 untuk kelas kontrol. Dari perhitungan diatas didapatka n t hitung = 9 , 720 sedangkan t tabel = 0, 3 2 5 . Sehingga bila dimasukan pada rumus hipotesis t hitung > t tabel sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan , terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas X I AK 1 yang menggunakan metode pembelajaran peer tutor ing lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas X I AK 2 yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dari hasil penelitian merekomendasikan metode pembelajaran peer tutoring dapat meningkatkan prestasi belaja r siswa , sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi . Kata Kunci : Metode Pembelajaran Peer Tutoring , Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 13:48 |
Last Modified: | 26 Aug 2017 03:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12493 |
Actions (login required)
View Item |