ERLIN MULIAWATI D.A, 125040037 (2016) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP RUANG LINGKUP BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
JUDUL.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Ind.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Eng.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi tentang Ruang Lingkup Biologi. Metode yang digunakan adalah quasy experiment, dengan desain Nonequivalent Control Group Desain karena pada desain ini kelompok kelas eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Subjek Penelitian adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan menggunakan ANATES, dari 30 soal diambil 15 soal yang memenuhi kriteria uji instrumen yaitu diperoleh 30% mudah, 20% sangat mudah, dan 50% sedang. Hasil yang diperoleh berupa tes (Kognitif). Data rata-rata nilai Pretest pada kelas eksperimen sebesar 46,00 dan data rata-rata nilai Pretest pada kelas kontrol sebesar 40,00. Sedangkan untuk rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 63,90 serta pada kelas kontrol sebesar 48,83. Dengan peningkatan (Gain dengan rata-rata 70% artinya terdapat peningkatan hasil belajar setelah diberikannya model pembelajaran Discovery Learning. Kata kunci : Discovery Learning, Nonequivalent Control Group Desain, Hasil Belajar, Ruang Lingkup Biologi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 19:41 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 19:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12475 |
Actions (login required)
View Item |