DEVI DAHLIANI, 125040114 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR PETA KONSEP BERGAMBAR PADA KONSEP PROTISTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indo.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
abstract engslish.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran, karena melalui pemilihan bahan ajar yang tepat dapat mengarahkan guru pada kualitas pembelajaran yang efektif . Salah satu bahan ajar yang dapat mempermudah siswa untuk lebih memahami materi dalam proses pembelajaran yaitu bahan ajar seperti peta konsep. Peta konsep biasanya dibuat dalam bentuk bagan dan tabel . Namun dalam penelitian ini, peneliti berinovasi untuk membuat peta konsep bergambar agar dapat melatih dan mempermudah siswa untuk mengidentifikasi konsep - konsep melalui sebuah garis bermakna yang saling berhubungan serta terdapat gambar - gambar pendukung pada setiap konsepnya untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. P enelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan t erhadap satu kelas yang telah ditentukan berdasarkan kriteria pre stasi belajar hampir sama di SMA Pasundan 2 Bandung dengan desain penelitian Pre - eksperimental dalam bentuk One – Group Pretest – Posttest Design . Data penelitian yang diperoleh dengan memberikan hasil pretest dan posttest. Adapun nilai rata - rata hasil belajar yang diperoleh dalam kelas tersebut adalah 43, 793 dan 77, 897 . Dari hasil uji hipotesis didapatkan keduanya memiliki nilai t hitung = 35,085 yang lebih besar daripada t tabel (0,05) = 2,048 pada taraf signifi kasi 5 % atau α = 0,0 5 , jadi data nilai rata - rata posttest pada kelas tersebut terdapat adanya peningkatan yang signifikan karena t hitung > t tabel , ini berarti H O ditolak dan H A diterima . Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan bahan ajar peta konsep bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep protista. Kata Kunci : Bahan Ajar, Peta Konsep Bergambar dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 19:30 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 19:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12469 |
Actions (login required)
View Item |