PEMBELAJARAN MENGKLASIFIKASI TEKS CERITA BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

CEPI SAEPUL ALAM, 125030019 (2016) PEMBELAJARAN MENGKLASIFIKASI TEKS CERITA BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK2.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 inquiri.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.inquiri.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustka cpi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengklasifikasi berkaitan dengan keterampilaan menulis dan menyimak. Salah satunya yaitu menulis teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri, yang menekankan pada konsep untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam memecahkan maslah. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden?; (2) Mampukah siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden mengklasifikasi teks cerita biografi berdasarkan struktur teks, dengan menggunakan metode inkuiri?; dan (3) Efektifkah metode inkuiri digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden; (2) siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri; dan (3) metode inkuiri digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,78 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai ratarata pretes sebesar 1,68 dan nilai rata-rata postes sebesar 3,28. Peningkatannya sebesar 1,6. c. Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 4,1 , t tabel sebesar 2,07 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 26. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengklasifikasi teks cerita biografi, dan Metode inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:46
Last Modified: 22 Sep 2016 18:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item