REINE APRIATNA, 125030093 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BARU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMK INSAN MANDIRI BANDUNG TAHUN AJARAN 2015-2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Menulis dapat membantu seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk menulis puisi baru. Model mind mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk mendapat dasar pengetahuan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Puisi baru dengan Menggunakan Model mind mapping pada Siswa Kelas X SMK Insan Mandiri Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah, (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menulis puisi baru dengan menggunakan model mind mapping pada Siswa Kelas X SMK Insan Mandiri Bandung?, (2) Mampukah siswa kelas X SMK Insan Mandiri Bandung menulis puisi baru dengan menggunakan model mind mapping?, dan (3) efektifkah model mind mapping digunakan dalam pembelajaran menulis puisi baru pada siswa kelas X SMK Insan Mandiri Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, teknik tes, teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi baru dengan meng- gunakan model mind mapping pada siswa kelas X SMK Insan Mandiri. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8 kemampuan penulis termasuk kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas X SMK Insan Mandiri Bandung mampu menulis puisi baru dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pretes sebesar 1,38 dan nilai rata-rata postes 2,9 peningkatannya sebesar 2,01. 3. Model mind mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis puisi baru. Hal ini terbukti dari hasil penghitungan statistik dengan hasil v sebesar 15,2, sebesar 2,09 pada tingkat kerpercayaan 95% dan db sebesar 19. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa ketiga hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, puisi baru, model mind mapping.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 18:19 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 18:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12440 |
Actions (login required)
View Item |