PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA DALAM TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE AUTONOMOUS LEARNER PADA SISWA KELAS XI SMA ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUR JUNIANI FATMAWATI, 125030154 (2016) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA DALAM TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE AUTONOMOUS LEARNER PADA SISWA KELAS XI SMA ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI - Selesai.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAAK .pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACK - ENGLISH .pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA - Selesai.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Menginterpretasi teks eksplanasi kompleks adalah kegiatan menafsirkan makna yang terkandung pada teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagai - mana fenomena - fenomena dapat terjadi. Model the autonomous learner adalah model pembelaja ran yang memberi siswa agar dapat belajar mandiri , mengklasi - fikasikan persoalan sembari tetap bisa berpartisipasi aktif dengan seluruh siswa. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) M ampukah penulis me - rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran meng interpretasi teks eksplanasi kompleks dengan model the autonomous learner pada siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung?; (2) M ampukah s iswa kelas XI SMA Angkasa melaksana kan pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks berdasarkan isi, struktur, dan k ata te knis/istilah dengan tepat?; (3) efektifkah model the autonomous learner diterapkan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan adalah (1) penulis mampu merencana - kan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks menggunakan model the autonomous learner pada siswa kelas XI SMA Angkasa ; (2) siswa kelas XI SMA Angkasa mampu mengikuti pembelajaran menginterpretasi teks eksp lanasi kompleks berdasarkan isi, struktur, dan kata teknis - /istilah yang terdapat pada teks; (3) penggunaan model the autonomous learner efektif digunakan untuk siswa kelas XI SMA Angkasa dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Eksperimen Semu dengan teknik penelitian studi pustaka, ob servasi , uji coba, dan tes. Adapun sim - pulannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan , dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model the autonomous learner pada siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung . Hasil rata - rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,68 . 2. Siswa kelas XI MIA SMA Angkasa Bandung mampu me n ginterpretasi teks ekplanasi kompleks . Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata - rata pretes sebesar 1, 74 dan nilai rata - rata postes sebesar 2,80 , selisih pret e s dan postes yaitu sebesar 1,06 . 3. Metode the autonomous learner efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks . Hal ini terbukti dari hasil perhi tungan statistik menunjukkan > , yakni 17,37 > 2,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 27 . Hal ini membuktikan bahwa metode the autonomous learner efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks . Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapa t diterima. Kata kunci: P embelajaran, m en ginterpretasi , t eks eksplanasi k ompleks , the autonomous learner

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Sep 2016 18:57
Last Modified: 22 Sep 2016 17:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item