PENERAPAN MODEL SEQUENCED DALAM PEMBELAJARAN MEMAKNAI ISI TEKS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ISTI NURUL AIN, 125030121 (2016) PENERAPAN MODEL SEQUENCED DALAM PEMBELAJARAN MEMAKNAI ISI TEKS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix banget.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix banget.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Kegiatan memaknai isi teks merupakan kegiatan yang disengaja dan direncanakan untuk mencapai tujuan. Memaknai merupakan suatu proses membaca untuk mendapatkan makna yang terdapat pada suatu wacana. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dan memaknai isi teks cerita rakyat, yaitu dengan model sequenced, salah satu alat yang membangun pemahaman siswa dalam memaknai teks cerita rakyat. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampu kah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pem belajaran memaknai isi teks cerita rakyat pada siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung tahun pelajaran 2015/2016? (2) Mampukah siswa memahami isi teks cerita rakyat dengan baik? (3) Efektifkah model sequenced digunakan . Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran memaknai isi teks cerita rakyat menggunakan model sequenced pada siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung, mengetahui keefektifan model sequenced yang diguna kan dalam pembelajaran memaknai isi teks cerita rakyat pada siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menginterpretasi certita rakyat menggu nakan model Sequenced ; (2) Siswa Kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung mampu memaknai isi teks cerita rakyat menggunakan model Sequenced dengan baik. (3) Model pembelajaran sequenced efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi cerita rakyat maka, penu lis meyakini model sequenced lebih tepat digunakan dalam pembelajaran memaknai isi teks cerita rakyat pada siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest - posttest design, dengan teknik penelitian tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran memaknai isi teks cerita rakyat dengan menggunakan model sequenced pada siswa k elas VII - A SMP Pasundan 8 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3,6. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas VII - A SMP Pasundan 8 Bandung mampu memaknai isi teks cerita rakyat dengan metode discovery learning. Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretest yaitu 5,15 , sedangkan nilai rata - rata posttest 7,6 . Jadi selisih nilai rata - rat a prates dan pascates yaitu 2,45 . 3. Metode sequenced efektif digunakan dalam memakna i isi teks cerita rakyat pada siswa kelas VII - A SMP Pasundan 8 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui t hitung 8,43 > t tabel 32,17 . Kata kunci: pembelajaran, memaknai, teks cerita rakyat, sequenced.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2016 18:31
Last Modified: 19 Sep 2016 18:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12210

Actions (login required)

View Item View Item