PENYUSUNAN SERVICE CATALOGUE LAYANAN IT UNTUK SIPKD (SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH) DI BAGIAN KEUANGAN DINAS PERTANIAN KABUPATEN SUMEDANG

JODIKA MAULANA YUKOVITZ, 103040015 and Ririn Dwi Agustin, DS and Rita Rijayanti, DS (2016) PENYUSUNAN SERVICE CATALOGUE LAYANAN IT UNTUK SIPKD (SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH) DI BAGIAN KEUANGAN DINAS PERTANIAN KABUPATEN SUMEDANG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover_dll_103040015.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_103040015.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_103040015.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tatakelola Teknologi Informasi (TI) merupakan aspek penting dari tatakelola suatu instansi secara keseluruhan. Pengelolaan TI yang baik akan menjamin efisiensi dan pencapaian kualitas layanan yang baik bagi tujuan bisnis perusahaan. Penerapan tatakelola ini harus direncanakan dengan baik agar dapat diimplementasikan sesuai dengan kondisi dan kemampuan instansi. Pada tugas akhir ini di hasilkan service catalogue di layanan IT Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang. Didalam service catalogue yang dibuat terdiri dari layanan bisnis dan layanan teknis. Layanan bisnis menampilkan gambaran tentang service catalogue dari sisi pelanggan atau pegawai bidang lain, serta memperlihatkan seluruh layanan yang ditawarkan pada pelanggan atau pegawai bidang lain bersama dengan relasi atau hubungan dengan unit bisnis serta proses bisnis yang memerlukan layanan tersebut. Sedangkan layanan teknis menampilkan detil teknis tiap layanan termasuk layanan IT penunjang. Studi kasus yang di bahas pada tulisan ini adalah di Sub. Bagian Keuangan Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang. Metode atau teknik yang digunakan ITIL V3 yaitu membuat service portofolio, membuat flowmap, mengidentifikasi setiap layanan yang membutuhkan IT, membuat diagram konteks, membuat data flow diagram, identifikasi proses permasalahan yang memerlukan IT. Penyusunan service catalogue ini adalah untuk menghasilkan rekomendasi rancangan service catalogue layanan IT di Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah di Dinas Pertanian Kab. Sumedang, sesuai dengan yang ada pada kerangka kerja ITIL V3. Kata kunci : Service Catalogue, ITIL V3, Service Portofolio, Studi Kasus Sub. Bagian Keuangan Dinas Pertanian Kab. Sumedang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Sep 2016 19:07
Last Modified: 16 Sep 2016 19:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item