IMPLEMENTASI INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW) SEBAGAI REGULASI EKSPOR IMPOR INDONESIA DALAM KONTEKS IJEPA (INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT)

Yunita Mustika S.J, 122030070 (2016) IMPLEMENTASI INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW) SEBAGAI REGULASI EKSPOR IMPOR INDONESIA DALAM KONTEKS IJEPA (INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover yunita.docx

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK yunta.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I yunita.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB II yunita.docx

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1 yunita.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Proses globalisasi ekonomi adalah perubahan perekonomian dunia yang bersifat mendasar atau struktural, dan proses ini akan berlangsung terus dengan laju yang akan semakin cepat mengikuti perubahan teknologi yang juga akan semakin cepat dan peningkatan serta perubahan pola kebutuhan masyarakat dunia. Salah satu usaha yang dilakukan oleh suatu negara untuk meningkatkan kapabilitas dan meningkatkan kemakmuran negara di era globalisasi adalah dengan mengadakan sebuah kerjasama ekonomi internasional baik yang bersifat bilateral maupun multilateral. Terbentuknya kerjasama ekonomi membuka peluang terjalinnya kegiatan perdagangan internasional antar negara. Bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh Indonesia salah satunya adalah Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) yaitu kerjasama bilateral di bidang ekonomi dengan Negara Jepang yang ditanda tangani pada 20 Agustus 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Shinjo Abe. Kesepakatan ini merupakan perjanjian perdagangan bebas bilateral pertama yang dilakukan Indonesia, dan yang paling komprehensif. Untuk meningkatkan fasilitas perdaganagan, ekspor-impor dan mengontrol lalu-lintas barang antar negara (crossborder control), dibutuhkan adanya integrasi sistem antar Instansi Pemerintah (Government Affair), maka pada tahun 2007 Pemerintah Indonesia membangun sistem yang disebut Indonesia National Single Window (INSW). Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu implementasi INSW sebagai regulasi ekspor-impor Indonesia sebagai variabel bebas dan pengaruh INSW terhadap IJEPA sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka yaitu penelusuran data-data yang bersumber dari bahan tulisan, baik buku-buku, dokumen-dokumen, internet, dan media massa. Peneliti juga melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perubahan regulasi ekspor-impor Indonesia-Jepang lebih dipengaruhi oleh implementasi EPA (Economic Partnership Agreement), kedua negara sepakat melakukan penurunan tarif melalui IJEPA dalam rangka peningkatan perekonomian masing-masing negara. Implementasi INSW bagi IJEPA hanya mempermudah para pelaku usaha yang terlibat dalam kerjasama IJEPA dalam mengakses informasi. Kata kunci: Indonesia National Single Window (INSW), Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 15 Sep 2016 15:25
Last Modified: 15 Sep 2016 15:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12074

Actions (login required)

View Item View Item