ANALISIS KEBIJAKAN MUSIC DIRECTOR DALAM MENJAGA SEGMENTASI PASAR DI STASIUN RADIO Studi Kasus Decision Theory Kebijakan Music Director Dalam Menjaga Segmentasi Pasar Di Radio B 95,6 FM Bandung

Sabar Pria Gunawan, 102050035 (2016) ANALISIS KEBIJAKAN MUSIC DIRECTOR DALAM MENJAGA SEGMENTASI PASAR DI STASIUN RADIO Studi Kasus Decision Theory Kebijakan Music Director Dalam Menjaga Segmentasi Pasar Di Radio B 95,6 FM Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB II.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “KEBIJAKAN MUSIC DIRECTOR DALAM MENJAGA SEGMENTASI PASAR DI STASIUN RADIO B 95,6 FM”. Tujuan dari disusunnya skripsi ini adalah, untuk mengetahui peran Music Director dalam membuat kebijakan untuk menjaga segmentasi pasar si stasiun radio B 95,6 Fm Bandung, dan untuk mengetaui beberapa tahap pada saat pengambilan kebijakan yang diambil oleh seorang Music Director. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam metode ini akan memaparkan secara mendalam tentang situasi di lapangan tempat penelitian berlangsung. Dengan menggunakan beberapa tahapan seperti, Observasi lapangan, studi pustaka, wawancara mendalam dan studi analisis dari data berupa audio dan visual. Dari hasil penelitian yang dilakukan terbukti bahwa dari teori yang diambil yaitu Decision Theory Francis Heylighen, bahwa dalam dalam pengambilan keputusan atau kebijakan terdapat beberapa tahap yang harus dilalui guna mendapatkan hasil dari kebijakan yang efektif, yaitu melakukan Penelusuran, Perencanaan, Pemilihan Tindakan dan Implementasi. Dalam ke empat tahap itu, Music Director melakukan sesuai dengan teori diatas, dalam penelusuran, Music Director melihat target pasar dari radio tersebut, setelah itu dalam tahap perencanaan MD melakukan penentuan jenis atau genre musik apa saja yang akan diputarkan, selanjutnya dalam tahap pemilihan tindakan MD memilah-milah lagu dari artis mana saja yang akan diputar sesuai dengan pasar yang di targetkan, dan terkahir tindakan yang dilakukan adalah pemutaran lagu tersebut yang akan dilaksanakan oleh seorang penyiar dan di udarakan atau ON AIR. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, Music Director dari Radio B 95,6 Fm Bandung ini melakukan tugasnya dengan baik dan efektif, terbukti dari hasil penelitian bahwa dari pendengar dan perusahaan yang beriklan di radio tersebut sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan oleh pucuk pimpinan dari Ardan Group. Dan sebagai saran, setiap keputusan pasti akan ada rintangan atau hembatannya seperti perbedaan selera antara Music Director yang membuat daftar lagu dan penyiar yang akan memutarkan lagu tersebut. Dalam hal ini harus adanya saling pengertian antara Music Director dan penyiar guna mendapatkan hasil dari kebijakan yang efektif dan mencari titik tengah seperti komposisi daftar lagu yang bisa disesuaikan dengan cara berkomunikasi labih aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 15 Sep 2016 13:47
Last Modified: 15 Sep 2016 13:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12060

Actions (login required)

View Item View Item