FENOMENA PENGGEMAR MAKAN MELALUI FOTO MAKANAN DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Fenomenologi Tentang Penggemar Makan Melalui Foto Makanan di Media Sosial Facebook Pada Mahasiswa Universitas Pasundan)

HERI PERMABSTRACT This study, entitled "The phenomenon ofANA, 092050137 (2016) FENOMENA PENGGEMAR MAKAN MELALUI FOTO MAKANAN DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Fenomenologi Tentang Penggemar Makan Melalui Foto Makanan di Media Sosial Facebook Pada Mahasiswa Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (149kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggemar Makan Melalui Foto Makanan di Media Sosial Facebook”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tren foto makanan di media sosial facebook pada Mahasiswa Universitas Pasundan Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, studi lapangan, observasi partisipan, dan wawancara dengan 10 orang informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing atau verification. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa perilaku penggemar foto makanan selalu menggunakan media facebook di setiap aktivitasnya, serta mengupload foto-foto makanan, yang menggambarkan kondisi penggunanya pada saat itu, bahwa dia lagi nongkrong di cafe, atau lagi makan di restoran mahal di setiap ada moment untuk foto-foto makanan selalu langsung di upload, hal ini memang menunjukkan bahwa pengguna facebook ingin menunjukkan eksistensi dirinya dengan men-foto makanan yang mereka pesan, kemudian di upload. Tren ini juga menjadi tolak ukur gaya hidup para penggemarnya juga, terlihat dari makanan yang difoto kemudian diupload serta dikhususkan meluangkan waktu dan budget untuk pergi ke resto atau bistro mahal untuk memesan makanan istimewa. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai bahan masukan ialah hendaknya para penggemar foto-foto makanan atau food selfie bisa lebih efektif dalam menyalurkan hobinya, artinya dalam mengupload foto makanan tersebut hendaknya tidak hanya sekedar ajang pamer dan narsis, tetapi lebih kepada sifatnya yang informatif khususnya di media sosial facebook. Dikhususkan pada Mahasiswa Universitas Pasundan hendaknya, ajang untuk mengeksiskan diri dan memamerkan diri kepada khalayak, dengan lebih menonjolkan prestasi, dibandingkan dengan selalu mengikuti tren yang sedang buming saat ini yang tidak bermaanfaat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 13 Sep 2016 17:26
Last Modified: 13 Sep 2016 17:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11983

Actions (login required)

View Item View Item