PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (Studi Kasus: Desa Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung)

Gita Delviana Deli, 124030007 (2016) PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (Studi Kasus: Desa Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img] Text
Cover, Lembar pengesahan gita.doc

Download (84kB)
[img] Text
abstrak gita.doc

Download (39kB)
[img] Text
BAB I gita.doc

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Keseriusan pemerintah dalam membangun desa dibuktikan dengan mulai dialokasikannya anggaran Dana Desa untuk tahun 2015. Pengalokasian Dana Desa tersebut merupakan amanat Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber Dari APBN. Dalam regulasi tersebut dijelaskan bahwa penyelenggaraan pemerintahan Desa menganut asas desentralisasi dan tugas pembantuan. Asas desentralisasi menimbulkan pendanaan internal Desa (APBD Desa), sementara asas tugas pembantuan memberikan peluang bagi Desa memperoleh sumber pendanaan dari pemerintahan yang ada diatasnya (APBN, APBD Provinsi, APBD Kab/Kota). Studi ini bertujuan untuk mengamati kesesuaian antara aturan dana desa dengan pelaksanaannya, serta implementasi dan dampak dari penggunaan dana desa tersebut dalam menunjang aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bertumpu pada pengamatan tempat, aktor dan aktivitas yang ada di Desa Jati Endah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, yang dipilih sebagai studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat indikasi kesesuaian antara aturan yang telah ditetapkan mengenai dana desa dengan pelaksanaannya. Indikasi tersebut tampak pada pelaksanaan transfer, penggunaan, dan pelaporan dana desa. Meskipun demikian, dalam proses pencairan dana desa tidak sesuai dengan aturan karena mengalami keterlambatan. Dalam implementasinya, penggunaan dana desa cukup menunjang aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Untuk menunjang pembangunan desa, di implementasikan dengan adanya perbaikan jalan Sedangkan, dalam pemberdayaan masyarakat, dana desa digunakan untuk pendirian BUMDes dan bantuan PAUD. Implementasi tersebut ada yang berdampak produktivitas, ekonomi dan sosial. Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa, Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Metode Kualitatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Sep 2016 14:45
Last Modified: 06 Sep 2016 14:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item