PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

ELIS SITI NURWANTI, 125060052 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Maleber 3 melalui model cooperative learning tipe make a match dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi. Yang dilatar belakangi oleh keadaan siswa yang masih rendahnya motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan 2 tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah evaluasi hasil belajar, pre test, dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I tindakan 1 muncul nilai tuntas yaitu 56. siklus I tindakan 2 terdapat nilai rata rata yaitu 64,67. Pada siklus II tindakan 1 terdapat nilai rata – rata yaitu 69,33. Dan pada siklus II tindakan 2 terdapat nilai rata – rata siswa yaitu 82. Sedangkan untuk hasil motivasi siswa terdapat peningkatan yang asalnya tidak memiliki minat untuk belajar IPS akan tetapi setelah diadakannya tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terdapat terdapat peningkatan yang sangat baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sangat menunjang terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning tipe make a match dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, motivasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2016 14:01
Last Modified: 07 Sep 2016 14:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11585

Actions (login required)

View Item View Item