PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN STRUKTUR ORGANISASI TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DAMPAKNYA PADA KUALITAS INFORMASI (Survei pada BUMN Sektor Transportasi di Kota Bandung)

Septiana Nur Faidah, 124020263 (2016) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN STRUKTUR ORGANISASI TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DAMPAKNYA PADA KUALITAS INFORMASI (Survei pada BUMN Sektor Transportasi di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. KUESIONER.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya implementasi sistem informasi akuntansi di perusahaan yang belum berjalan dengan baik yang berakibat pada informasi yang dihasilkan kurang berkualitas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan struktur organisasi terhadap implementasi sistem informasi akuntansi dan dampaknya pada kualitas informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 48 karyawan pada BUMN Sektor Transportasi di Kota Bandung yang mendukung jalannya sistem informasi akuntansi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel simple random sampling berjumlah 44 responden yaitu bagian akuntansi 21 responden dan bagian keuangan 23 responden. Metode analisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama diketahui bahwa terdapat pengaruh budaya organisasi (X1) terhadap implementasi sistem informasi akuntansi (Y). Besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap implementasi sistem informasi akuntansi sebesar 45,6%, sedangkan sisanya 54,4% merupakan pengaruh faktor lain di luar kedua variabel independen yang sedang diteliti. Hasil pengujian kedua diketahui bahwa terdapat pengaruh struktur organisasi (X2) terhadap implementasi sistem informasi akuntansi (Y). Besarnya pengaruh struktur organisasi terhadap implementasi sistem informasi akuntansi sebesar sebesar 43,9%. Sedangkan sisanya 56,1% merupakan pengaruh faktor lain di luar kedua variabel independen yang sedang diteliti, yaitu strategi perusahaan, teknologi informasi, manajer menengah, sumber daya manusia, faktor lingkungan, dan masalah keuangan. Hasil pengujian ketiga diketahui bahwa terdapat pengaruh secara simultan budaya organisasi (X1) dan struktur terhadap implementasi sistem informasi akuntansi (Y). Besarnya pengaruh budaya organisasi dan struktur terhadap implementasi sistem informasi akuntansi sebesar 58,1%. Kemudian hasil dari pengujian keempat diketahui bahwa terdapat pengaruh implementasi sistem informasi akuntansi terhadap kualitas informasi sebesar 25,6% sedangkan sisanya 74,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi, semakin baik budaya organisasi dan struktur organisasi diharapkan akan membuat implementasi sistem informasi akuntansi menjadi lebih baik sehingga informasi yang dihasilkan akan berkualitas. Kata kunci: Budaya Organisasi, Struktur Organisasi, Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Sep 2016 12:54
Last Modified: 29 Aug 2017 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11568

Actions (login required)

View Item View Item