PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KERJASAMA TENTANG KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

LISNAWATI, 125060021 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KERJASAMA TENTANG KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(1) COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6)Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
(7)BAB 1 depan.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
(8)BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9) BAB II depan.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(10)BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14) daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurang adanya penggunaan media. Sehingga menyebabkan anak kurang termotivasi serta kurang peduli terhadap pembelajaran IPS. Pada akhirnya hasil belajar IPS masih tergolong rendah, karena hasil yang diperoleh anak berada di bawah batas kriteria ketuntasan belajar minimum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS pada materi koperasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Model kooperatif tipe make a match adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan permainan mencocokkan kartu pasangan soal/jawaban. Dalam operasionalnya, kartu-kartu tersebut dicocokkan sesuai dengan soal/jawaban yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus atau pemberian rangsangan, pernyataan atau identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan atau generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar dan kerja sama belajar. Pada penilaian hasil belajar nilai rata-rata siklus I yaitu 67,5 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 7,64. Kerja sama belajar siklus I nilai rata-rata yaitu 74,2, dan kerja sama belajar siklus II rata-rata nilai mencapai 78,9. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar dan kerja sama belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi koperasi di kelas IV SDN Gamblok Kabupaten Bandung. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, hasil belajar, kerja sama

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2016 12:46
Last Modified: 06 Sep 2016 12:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

View Item View Item