PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

REZA ARDIANSYAH, 12 5030 122 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa khususnya bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang d iajarkan kepada siswa . Menulis merupakan sauatu keteram - pilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung . Berkaitan dengan keterampilan menyusun suatu teks, banyak materi yang menga - jarkan tentang memproduksi suatu teks. Teks eksplanasi kompleks adalah teks yang menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu. Metode peer teaching (teman sejawat ) merupakan kegiatan belajar yang berpusat pada peserta didik. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) Mampukan penulis me - rencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kom - pleks dengan metode peer teaching pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung; (2 ) Mampukan siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung memproduksi teks eks - planasi kompleks dengan menggunakan metode peer teaching ; (3) Efektifkah me - tode peer teaching digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks un tuk siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penulis, kemam - puan siswa dan keefektifan metode peer teaching pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu m erencakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan metode peer teaching pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung; (2) Siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks; (3) Metode peer teaching tepat digunakan dalam pembelajaran mem - produksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data telaah pustaka, teknik uji coba, tekni k tes, teknik analisis. Adapun hasil penelitian sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan metode peer teaching pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Hal ini terbukti dari nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,73. 2. Siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan metode peer teaching . Hal ini dibuktikan dari nilai rata - rata pretest 2,32 dan posttest 32,3. Jadi, ada pen ingkatan sebesar 0,91 atau setara dengan 3,8%. 3. Metode peer teaching efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Hal inni terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan t hitung 9,1> t ta bel 2,06 yakni pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 23. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Memproduksi, Teks Eksplanasi Kompleks, Metode Peer Teaching

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 18:54
Last Modified: 05 Sep 2016 18:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item