KERJASAMA PDAM TIRTAWENING DAN PERUSAHAAN AIR VITENS EVIDES INTERNASIONAL BELANDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

ANNISA RAHMAH, 122010052 (2016) KERJASAMA PDAM TIRTAWENING DAN PERUSAHAAN AIR VITENS EVIDES INTERNASIONAL BELANDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
COVER FIKS.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berusaha menelaah kerjasama antara Perusahaan Air Vitens Evides Internasional Belanda dengan PDAM Tirtawening dalam upaya meningkatkan pelayanan public. Sasaran yang menjadi kajian pada permasalahan Ini adalah kerjasama yang berlangsung untuk meningkatkan pelayanan publik. Sedangkan focus masalah terletak pada cara meningkatkan pelayanan public, dan kendala perusahaan dalam pengelolaan sumber air yang dapat dimanfaatkan Tirtawening untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Bandung. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan suatu peristiwa. Pendekatan ini memandang bahwa suatu peristiwa harus dipahami dengan mengutamakan proses daripada hasil. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknis analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dilapangan menunjukkan bahwa kerjasama public-swasta akan menjadi optimal manakala lingkungan, konsistensi sumber daya manusia, dan teknologi mendukung untuk melakukan kerjasama. Pengelolaan air sebelum dilakukannya kerjasama terlihat kurang. Dikarenakan masih ada saja kebocoran pipa karena tangan jahil atau karena kondisi pipa tidak memungkinkan dan tidaka adanya perawatan secara berkala. Selain pipa juga kondisi tanki dan teknologi yang kurang mempuni menyebabkan kurangnya pelayanan optimal bagi masyarakat. Pasokan air bersih menjadi tersendat dan kurang untuk masyarakat Kota Bandung. Yang menjadi factor utama kurangnya pasokan air bersih dari Tirtawening adalah kurangnya titik galian air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari kesemua factor tersebut, maka tercover dari dana hibah yang berlangsung oleh kerjasama 2 perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil temuan dilapangan mengisyaratkan bahwa kerjasama pemberian dana hibah tersebut selama ini berjalan dengan baik, terbukti dari keluhan warga yang sebelumnya banyak ditemukan, dan saat ini dirasa banyak perubahan yang dirasakan, selain itu juga target target yang sudah disepakati berjalan dengan baik hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:44
Last Modified: 05 Sep 2016 15:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item