PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LEUWIPANJANG BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016)

RIKA FITROINI, 125060279 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LEUWIPANJANG BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover depan.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstak indonesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Peneliian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap mandiri dan hasil belajar siswa kelas IV-A tentang pembelajaran Tematik Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya sikap mandiri siswa dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Observasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari pelaksanaan selama tindakan dengan menggunakan model pembelajaran ingquiri terbimbingtelah memberikan perubahan yang signifikan. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa kelas IV SDN Leuwipanjang Bandung pada siklus I hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar siswa berjumlah 10 orang atau 50% sedangkan siswa yang tidak tuntas nilainya di bawah KKM sebanyak 10 orang atau 50%dari 20 orang siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar nilainya di atas KKM sebanyak 18 siswa atau 90% sedangkan siswa yang tidak tuntas belajar siklus II 2 orang siswa atau 10% dan pada aspek penilaian sikap mandiri pada siklus I memperoleh rata-rata 58 atau 40% dan siklus II 76 atau 90%, maka pembelajaran dengan menggunakan model Ingquiri Terbimbing dapat meningkatkan sikap mandir dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Leuwipanjang. Kata Kunci: Ingquiri Terbimbing, Sikap Mandiri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:13
Last Modified: 05 Sep 2016 13:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item