PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Supin, 125050109 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
abstrak IMPROVE.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu komponen penting dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Namun dalam laporan TIMSS disebutkan bahwa kemampuan siswa dalam merepresentasikan ide atau konsep matematis termasuk rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu cara yang dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan representasi matematis. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah melalui pembelajaran matematika dengan metode IMPROVE. Berdasarkan hal tersebut akan dibandingkan kemampuan representasi siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan metode IMPROVE dan siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas dari lima kelas di MTsN 7 MAJALENGKA. Di dalam penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran matematika dengan metode IMPROVE, sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan representasi matematis dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode IMPROVE lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensioanal. (2) Sikap siswa positif terhadap metode IMPROVE dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Metode IMPROVE, Pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:39
Last Modified: 05 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11223

Actions (login required)

View Item View Item