PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENGGUNAAN DANA BANK

Veri Aryanto Sopiansah, 125020086 (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENGGUNAAN DANA BANK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover-.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (286kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I fix.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II fix.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penggunaan Dana Bank Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan Kelas X Akuntansi 4 di SMK Negeri 3 Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio-visual dan minat belajar siswa dalam pembelajaran penggunaan dana bank studi kasus pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X akuntansi 4 di SMK Negeri 3 Bandung serta untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran penggunaan dana bank studi kasus pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X akuntansi 4 di SMK Negeri 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi 4 di SMK Negeri 3 Bandung yang berjumlah 38 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran audio-visual sebesar 4,02, sedangkan mengenai minat belajar siswa sebesar 4,01, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap media pembelajaran audio-visual dan minat belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran audio-visual yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,650%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 65% terhadap variabel Y dan sisanya 35% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 65% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan keunggulan media audio-visual. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran audio-visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena cara ini dapat membuat siswa lebih berminat untuk belajar dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio-Visual dan Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:39
Last Modified: 05 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item