MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung)

JEFRI ESA MULTI, 125060167 (2016) MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1_Cover Skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA J.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS J.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I (1).pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II (1).pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_DAFTAR_PUSTAKA_jefri_esa.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul“Meningkatkan Sikap Kerja Samadan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw” dilatarbelakangi karena masih adanya permasalahan pembelajaran IPS khususnya dalam materi Perkembangan Teknologi dalam meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar yang ditunjukan oleh sumber belajar yang minim serta pada pembelajaran tersebut guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu kewaktu tidak berkembang Sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajarpun kurang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK Arikunto yang dilaksanakan dalam duasiklus. Setiap siklus terdiri dari bebera patindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap kerjasama antarsiswa dan meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Berdasarkan latarbelakang yang menjadi permasalahan dalam hal ini yaitu bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw disusun dalam pembelajaran IPS agar aktifitas kerjasama dan hasil belajar siswakelas IV meningkat. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw padasiklus I menunjukan nilai sikap kerjasama dan hasil belajar yang memenuhi criteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatanpre test, post test. Pada siklus II menunjukan nilai sikap kerjasamasiswa dan hasil belajar siswa yang telah memenuhi criteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatanpre test dan post test. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi PerkembanganTeknologi di kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung, dan dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran KTSP.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:10
Last Modified: 05 Sep 2016 13:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item