PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

Surya Lestari Munthe, 125050010 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern sehingga mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. Oleh karena itu, matematika berperan sebagai pengembangan logika dan kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat dibutuhkan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam matematika. Namun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ternyata masih kurang. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis tersebut adalah model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran CRH lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional; (2) Mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika setelah menggunakan model pembelajaran CRH. Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung, adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian, soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Tes diujicobakan terlebih dahulu dikelas IX F SMP Pasundan 4 Bandung. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak digunakan untuk penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 23,0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran CRH lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional; (2) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika setelah menggunakan model pembelajaran CRH. Oleh karena itu model pembelajaran CRH dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran nya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:37
Last Modified: 05 Sep 2016 19:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item