PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEGIATAN JUAL BELI PADA PEMBELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Sekarwangi Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang Tahun 2015-2016)

TIA KURNIA, 125060036 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEGIATAN JUAL BELI PADA PEMBELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Sekarwangi Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang Tahun 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Daftar Pustaka III.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan judul “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa Materi Kegiatan Jual Beli Pada Pembelajaran IPS” bertujuan utuk mengetahui peningkatan respond an sikap rasa ingin tahun dengan menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran IPS dengan materi Kegiatan Jual beli. Penelitian ini dilator belakangi dengan rendahnya oleh sikap rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar siswa dikelas III SD Negeri Sekarwangi karawang. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya aktifitas siswa sehingga proses pembelajaran siswa hanya mendengar, mencatat, sehingga pembelajaran menjadi kurang menyangkan dan akan membuat siswa merasa bosan dan ngantuk serta dengan masalah itu rasa ingin tahu siswa sulit ditemukan dan hasil belajar siswa juga rendah.Upaya yang dilakukan guru akan meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar terhadap pembelajaran adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan proses pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sekarwangi Karawang dengan jumlah siswa 38 siswa. dengan 20 siswa laki-laki dan 18 siswa Perempuan. Instrument yang digunakan diantaranya Lembar Observasi aktivitas guru maupun aktivitas siswa, Lembar Penilaian RPP, Lembar Penilaian Sikap Rasa Ingin Tahu, Lembar Penilaian Keterampilan, Lembar Penilaian Hasil dan lembar Angket. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learninf yaitu dilakukan selama dua siklus ini menunjukan adanya Peningkatan sikap pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 dari data Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 67 dengan presentase 56% sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 86 dengan presentase 90%. Dalam hal ini siswa juga menunjukan sikap positif dalam pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu acuan dan alternative bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: Sikap Rasa Ingin tahu, Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:06
Last Modified: 05 Sep 2016 13:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item