PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS BERDASARKAN MEDIA GAMBAR FENOMENA ALAM/SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DEDEN MUCH. DARMADI, 125030108 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS BERDASARKAN MEDIA GAMBAR FENOMENA ALAM/SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Teks eksplanasi kompleks adalah teks yang menjelaskan terjadinya suatu peristiwa alam atau so sial dengan urutan sebab akibat. Metode Inquiry adalah metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar aktif dan mandiri dalam menemukan konsep - konsep terbaru yang mereka temukan, sehingga siswa mampu berpikir kritis selama proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik un tuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan media gambar fenomena alam/sosial dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan keefektifan metode inquiry pada pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan media gambar fenomena alam/sosial dengan menggunakan metode inquiry pada siswa k elas XI SMA Negeri 1 Lembang. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah : 1) A pakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan media gambar fenomena alam/sosial dengan menggunaka n metode inquiry pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang? 2) A pakah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan media gambar fenomena alam/sosial dengan menggunakan metode inquiry ? 3) E fektifkah metode inquiry digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan media gambar fenomena alam/sosial pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang? Hipotesis yang diajukan penulis adalah 1) p enulis mampu dalam merencanakan, melaksanakan, dan m engevaluasi pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan media gambar fenomena alam/sosial dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang , 2) s iswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang mampu mengikuti pembelajaran memp roduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan gambar fenomena alam/ sosial dengan menggunakan metode inquiry , 3) m etode inquiry efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang. Metode peneli tian yang digunakan penulis adalah metode eksperimen semu tipe one group pretest - posttest design . Adapun hasil penelitiannya, hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis 3,75. hipotesis kedua diterima , dilihat dari rata - rata nilai pretest sebesar 53,8 dan rata - rata nilai posttest sebesar 75,5, peningkatan sebesar 21,7 . Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik t hitung > t tabel , yakni 12,4 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: teks eksplanas i kompleks, fenomena alam/sosial, inquiry

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:36
Last Modified: 05 Sep 2016 13:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item