PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SM K

TIKA SARTIKA, 1 2 50500 36 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SM K. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB 1 TIKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II TIKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Tika.pdf

Download (98kB)

Abstract

B elajar matematika sangat erat kaitannya dengan proses berpikir. Kema mpuan menganalisis dan komunikasi sangat dibutuhkan dalam menjawab beragam permasalahan dalam matematika. Oleh karena itu dibutuhkan adanya metode atau model dalam belajar matematika untuk meningk atkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertuj uan untuk mengetahui a pakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) . Serta untuk menget a h ui bagaimanakah sikap siswa ter hadap model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) . Metode penelitian adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X SM K Pasundan 1 Kota Bandung dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X diambil dua kelas secara acak menurut kelas pararel di sekolah tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian. Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan siswa mengenai soal - soal serta model pembelajaran yang digunakan. Tes diujicob akan terlebih dahulu terha dap 35 orang siswa kelas XI SM K Pasundan 1 Kota Bandung . Berdasarkan hasil uji coba instrumen (soal) tersebut semua soal layak untuk dipakai dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 22 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Berdasarkan analisis data, bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa y ang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) . Dari angket yang diberikan pada kelas eksperimen, diperoleh informasi bahwa sikap siswa positif terhadap model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) . Sehingga model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembel ajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) , Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:09
Last Modified: 03 Sep 2016 15:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item