PEMBELAJARAN MENGOPTIMALKAN UNSUR PERSUAS IF DALAM MENULIS POSTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VII I SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WINDI ALAWIYAH, 125030033 (2016) PEMBELAJARAN MENGOPTIMALKAN UNSUR PERSUAS IF DALAM MENULIS POSTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VII I SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER & LEMBARPENGESAHAN.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Menulis poster adalah kegiatan menyatukan dua keterampilan (menulis dan menggambar) dalam satu materi pembelajaran, yang memiliki keterkaitan yang sangat erat. Sehub ungan dengan hal itu penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Mengoptimalkan Unsur Persuasif dalam Menulis Poster dengan Menggunakan Metode Quantum Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung . ” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1 ) Apakah penulis mampu merencanakan, menerapkan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengoptimalkan unsur persuasif dalam menulis poster dengan menggunakan metode quantum learning pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung? (2) Apakah siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung mampu mengikuti kegiatan pembelajaran mengoptimalkan unsur persuasif dalam menulis poster dengan menggunakan metode quantum learning ? (3) Seberapa efektifkah metode pembelajaran quantum learning digunakan sebagai metode pembelajar an mengoptimalkan unsur persuasif dalam menulis poster pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung? Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengoptimalkan unsur persuasif dalam menulis poster dengan mengguna kan metode quantum learning . Hal ini terbukti dengan rata - rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,57. 2) Siswa kelas VIII - C SMP Pasundan 4 Bandung mampu melaksanakan pembelajaran menulis poster dengan mengoptimalkan unsur persuasif meng gunakan metode quantum learning . Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata - rata pretest 53,53 dan nilai rata - rata postest 83,75. Jadi, ada peningkatan sebesar 30,22 atau setara dengan 1,511%. Perolehan dari nilai rata - rata sikap yaitu sebesar 82,7 dengan ka tegori nilai baik sekali (A). Adapun nilai rata - rata lembar kerja siswa adalah 78,5. 3) Metode quantum learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengoptimalkan unsur persuasif dalam menulis poster di kelas VIII - C SMP Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti berdasrkan hasil uji statistik t hitung > t tabel , yakni 39,9>18,5 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 20. Kata Kunci: menulis poster, unsur persuasif, quantum learning .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 14:14
Last Modified: 03 Sep 2016 14:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10348

Actions (login required)

View Item View Item