PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

NYIMAS NANIH SARI NINGSIH, 125050027 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
01-HALAM SAMPUL.docx

Download (29kB)
[img] Text
06-abtrak fix.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
12-Daftar Pustaka.docx

Download (29kB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah pembelajaran yang berpusat pada guru dengan metode ceramah. Mengingat pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa maka diperlukan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah pembelajaran berbasis Multiple Itelligences (MI) yang dikemukakan oleh Howard Gardner. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI) lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui sikap siswa yang terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI). (3) Mengetahui korelasi atau hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan sikap siswa terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI). Penelitian ini menggunkan metode penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandung dengan sampel yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen tes yaitu tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis, sedangkan instrumen non tes meliputi Multiple Intelligences Scale (MIS), dan skala sikap. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji korelasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh simpulan: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI) lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. 2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI) dalam pembelajaran matematika. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis denga sikap siswa terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI). Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (MI)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:09
Last Modified: 03 Sep 2016 15:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

View Item View Item