IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING)-HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

ZHIEYAN AMELIA, 125050045 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING)-HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penyebab rendahnya kreativitas siswa dalam belajar matematika yaitu karena siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa. Salah satu alternatif yang dapat mengakomodasi kemampuan berpikir kreatif matematis adalah model pembelajaran LAPS-Heuristik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembeajaran secara konvensional. (ii) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model LAPS-Heuristik. (iii) mengetahui apakah terdapat korelasi antara model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Pasundan 6 Bandung. Adapun sampelnya adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 6 Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang sebelumnya telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua soal signifikan, serta angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji Mann-Whitney. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik, dan tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan sikap siswa. Sehingga model pembelajaran LAPS-Heuristik dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran dengan memperhatikan waktu dalam pelaksanaan, pengelolaan kelas, serta referensi lain yang digunakan. Kata kunci : LAPS (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik, Berpikir Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:08
Last Modified: 03 Sep 2016 15:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item